Parasit Ikan Karang : Namanya Bob Marley

Thursday, July 12, 2012 | comments (1)



Penyanyi reggae legendaris Bob Marley di abadikan namanya menjadi spesies hewan jenis Krustasea yang hidup menempelpada ikan karang di perairan Karibia.
penamaan fauna dari nama pesohor ini pernah dilakukan pada Presiden AS Barack Obama (untuk menamai sejenis lichen atau organisme komposit hasil simbiosis jamur dan mitra fotosintesis)serta penyanyi Elvis Presley(untuk menamai tawon).

Di Karibia ,nama Bob Marley diabadikan untuk spesies Gnatia Marleyi,jenis krustasea yang mengerumuni ikan karang.Gmarleyi bersifat parasit karena memakan darah ikan.
G Marleyi muda bersembunyi disekitar pecahan karang,spon,atau alga.Kemudian ,tiba-tiba meluncur untuk menyerang ikan serta mengerumuninya.

Krustasea ini memakan darah ikan untuk tumbuh dewasa.Uniknya G Marleyi dewasa tidak makan sama sekali,tetapi mengatur metabolisme dan tubuhnya untuk bertahan selama dua atau tiga minggu selama masa memakan(masa remaja).

Sikkel dan tim memanfaatkan peneliti dan pengamatan pada G Marleyi untuk memantau terumbu karang Karibia yang sangat rawan terserang penyakit.
G nathiid merupakan parasit umum yang ditemukan pada terumbu karang.jika di ekosistem darat,secara ekologi ,kedudukannya sama seperti kutu penghisap darah .


sumber : kompas
Share this article :

+ comments + 1 comments

January 25, 2016 at 6:37 PM

baru tau infonya kak,kirain bob marley cuman nama penyanyi reggae,salam pecinta ikan

cara membuat website gratis

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger